Kepanjen adalah satu dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, sekaligus merupakan ibukota dari Kabupaten Malang sendiri. Uniknya, Kabupaten Malang terbelah oleh dua kotamadya, yaitu Batu dan Kota Malang, sehingga jarak tempuh antara kecamatan menuju Kepanjen sebagai pusat perkantoran sangat jauh.
Untuk menyiasati jauhnya jarak tempuh, pemerintah desa membentuk sistem dengan melakukan input database masyarakat seluruh desa. Era dijital menawarkan banyak software pada desa, melalui aplikasi spreadsheet yang dikelola dengan baik dan maksimal dapat menjawab bentuk-bentuk pelayanan masyarakat yang bersifat administratif.
Nama Inovasi | Digitalisasi Pelayanan Publik Masyarakat |
Pengelola | Pemerintah Desa Sengguruh |
Lokasi/alamat | Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur |
Kontak Person | Jamburi |
Telepon | +62-812-5913-8046 |
Tujuannya untuk menyederhanakan pelayanan terpadu administratif masyarakat. Adapun penggalian data dilakukan dengen memberdayakan pemuda pemudi karangtaruna.
Selanjutnya harapan dan langkah kedepan untuk pengembangan inovasi pelayanan publik, pemerintah desa merencanakan diadakannya ruang terbuka hijau. Bermaskot topeng khas Serungguh nantinya akan digunakan sebagai wisata murah masyaarkat yang didalamnya juga terdapat sarana olahraga serta permainan anak.
Desa kami mengembangkan pelayanan administrasi masyarakat dengan sistem barcode. Pelayanan jadi sangat cepat seperti di kasir swalayan. Tahun 2017 menjadi pemenang inovasi desa tingkat kabupaten trenggalek jawa timur.
Mungkin bisa juga diangkat ditingkat Nasional agar pelayanan di desa semakin baik.
Bisa dibantu share dokumentasinya pak kholil? Keren
Mohon maaf tidak bisa membaca tulisan bapak karena tertutup gambar
Ini gambaran inovasi di desa kami
http://mlinjon-suruh.trenggalekkab.go.id/index.php/first/artikel/41-Proses-Pelayanan-Masyarakat
Japri ya pak via https://inovasidesa.kemendesa.go.id/kontak/
Tolong bantuan nya dong cara upload gambar di inovasi desa gmna ya….di mohon jawaban nya