Slot Dana Desa Bulo Kembangkan Agrowisata Durian Otong di Polewali Mandar - Inovasi Desa

Beli durian di pasar atau di lapak penjual buah itu hal yang biasa. Di Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Anda bisa langsung menikmati durian langsung di pohonnya.

Desa Bulo merupakan desa di daerah tertinggal, namun mereka mampu berinovasi mengembangkan kawasan Agrowisata Durian Montong. Kawasan agrowisata ini tak hanya menawarkan kepuasan menikmati aneka varietas buah durian seperti durian montong, tapi juga menawarkan tata cara bercocok tanam.

Nama InovasiAgrowisata Durian Montong
PengelolaKelompok Tani Desa Bulo
AlamatDesa Bulo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat
KontakAco Masruddin
Telepon

Bahkan wisatawan bisa mengikuti kursus singkat merawat tanaman buah, seperti durian agar lebih produktif. Kawasan agrowisata ini pada alanya dipelopori oleh Aco Masruddin, hingga kini mencapai lebih dari 3,5 hektar, dikelola bersama kelompoknya di Kecamatan Bulo.

Di hari libur agrowisata buah durian di kawasan ini bisanya ramai dikunjungi wisatawan. Mereka sengaja datang langsung ke lokasi perkebunan ini lantaran penasaran dengan buah durian otong yang beratnya bisa mencapai delapan kilogram per buah.

Pengelola kebun Durian Otong mengaku kewalahan memenuhi pemesanan. Setiap hari ada yang pesan hingga 20 sampai 50 buah. Para penikmat durian yang langsung datang ke kebun juga meningkat.

Desa Bulo merupakan Kota Kecamatan termuda di Polewali Mandar. Desa Bulo dilewati jalan poros antara Matangga dan Wonomulyo. Jalur ini juga menjadi rute alternatif menuju Kabupaten Mamasa. Dari Kota Polewali Mandar, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar dua jam, baik menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Akses ke Kecamatan Bulo masih tergolong sulit karena kondisi jalan yang rusak dan letak wilayah ini berada di pegunungan. Namun, lelahnya perjalanan akan segera terbayar dengan suguhan pemandangan yang sangat indah dari atas Bukit Bulo.

Pengunjung akan menyaksikan hamparan tanaman durian berbuah lebat. Terlebih saat menyantapnya di tengah pemandangan perbukitan, tentunya soal rasa dijamin menggiurkan.