Slot Dana Berkat Inovasi Smart Pole, Desa Gunung Putri Dinobatkan sebagai Desa Digital di Kabupaten Bogor - Inovasi Desa

Desa Gunung Putri terus berbenah mengejar ketertinggalan dalam tata kelola pemerintahan desa berbasis teknologi informasi. Berkat pengembangan inovasi Smart Pole atau tiang pintar pada 2019, kini Desa Gunung Putri dinobatkan menjadi desa digital, sekaligus menguatkan program smart city Kabupaten Bogor.


Mulai pada

Desa Gunung Putri terletak di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Smart Pole merupakan terobosan tata pelayanan terpadu yang memungkinkan pemerintah desa dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat desa. Smart Pole mendukung tata kelola pemerintah yang lebih informatif, dan transparan.

Nama InovasiSmart Pole Desa
InovatorPemerintah Desa Gunung Putri
AlamatDesa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
KontakDaman Huri (Kepala Desa)

Teknologi smart pole berupa tiang-tiang yang dilengkapi CCTV, lampu otomatis, sensor cahaya, dan gerak. Semua ini terhubung ke pusat kendali atau command center yang ada di kantor desa. Lewat teknologi itu, warga desa dapat mengakses layanan internet, layanan keamanan, kesehatan, pengurusan berkas kependudukan dan perizinan, hingga tombol darurat.

Pada 2021, Desa Gunung Putri mampu membangun tiang telekomunikasi di 14 titik yang tersebar di 14 RW dengan dukungan anggaran dari Dana Samisade (Satu Milyar Satu Desa) yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bogor. Berkat pembangunan smart pole, Pemerintah Desa Gunung Putri dapat mengembangkan layanan wifi murah untuk masyarakat dan CCTV di 64 titik di Desa Gunung Putri.

Pemerintah desa juga tengah mengembangkan aplikasi smart pole versi Android untuk memudahkan para perangkat desa, RT, RW, Linmas, Babinsa dalam pelayanan kepada masyarakat. Tampilan antarmuka aplikasi rencananya berupa tombol-tombol warna yang menunjukkan prioritas layanan yang harus dilakukan, seperti warna merah menunjukkan ada sesuatu segi keamanan yang perlu ditangani sehingga Linmas dan Babinsa siap bergerak. Ada juga warna hijau yang terkoneksi dengan supir ambulance sehingga layanan Ambulan Desa dapat langsung meluncur ke lapangan karena ada dukungan lokasi menggunakan teknologi GPS.

Pemerintah Desa Gunung Putri juga sudah menyiapkan paket pelatihan yang akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat desa dalam dunia digital. Ke depan,layanan ini akan menjadi pos pemasukan bagi desa seiring perubahan mindset atau cara berpikir masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi di bidang ekonomi (smart economy). Selain inovasi di atas, Desa Gunung Putri juga mengedukasi masyarakat melalui layanan taman baca atau taman literasi di 16 titik.

Setelah dua tahun menerapkan Smart Pole, Desa Gunungputri mampu menyabet 23 prestasi, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat nasional. Program ini semakin menegaskan bahwa desa sebagai pilar kunci bagi kemajuan daerah.