Desa Senggreng memiliki inovasi baru untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat setempat, yaitu layanan Pecel Tempe Mendoan (Pelayanan Cepat tanpa Meninggalkan Kerjoan). Melalui pelayanan itu, masyarakat tidak harus datang ke kantor desa atau kecamatan untuk mengurus adminduk, seperti KTP, akta kelahiran, akta kematian, atau kartu keluarga. Sebaliknya, ada petugas yang akan door to door mendatangi rumah warga yang bersangkutan untuk melengkapi berkas-berkas penerbitan adminduk.
Desa Senggreng terletak di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pemerintah Desa Senggreng menyiapkan dua armada sepeda motor untuk mendukung inovasi pelayanan Pecel Mendoan. Setiap hari, petugas dari pemerintah desa menggunakan armada sepeda motor ini untuk mendatangi rumah warga yang membutuhkan penerbitan adminduk.
Nama Inovasi | Pelayanan Cepat tanpa Meninggalkan Kerjoan (Pecel Mendoan) |
Inovator | Pemerintah Desa Senggreng |
Alamat | Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur |
Kontak | Rendyta Witrayani Setiawan (Kepala Desa) |
Inovasi itu disediakan untuk pelayanan bagi warganya yang belum mengerti cara-cara mengurus adminduk atau mempunyai kesibukan tinggi. warga desa yang butuh pelayanan tinggal menghubungi melalui pesan WhatsApp atau telepon, lalu petugas desa langsung akan datang untuk mengambil berkas-berkas yang dibutuhkan.
Selain mendatangi rumah warga untuk mengambil berkas yang dibutuhkan, ketika adminduk itu sudah jadi, petugas Pecel Tempe Mendoan itu juga akan datang ke rumah yang bersangkutan kembali untuk mengantarkan adminduk yang sudah jadi.
Layanan Pecel Mendoan terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Senggreng dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Waktu yang dibutuhkan untuk penerbitan surat kependudukan sekitar 3-5 hari saja.
Inovasi Pecel Mendoan merupakan jenis layanan jemput bola yang pertama di Kabupaten Malang. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang memberikan apresiasi positif terhadap inovasi ini agar warga terlayani dengan mudah. Layanan seperti ini akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih banyak masyarakat kita yang belum tahu cara dan teknis mengurus adminduk.