ft. istimewa

SOLO, INOVASI.WEB.ID, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) meraih Penghargaan Laporan Keberlanjutan Indonesia/Indonesia Sustainaibility Reporting Award (SRA) 2017 untuk kategori “Laporan Keberlanjutan Terbaik 2016 Kategori Industri Tambang dan Logam” (Best Sustainability Report 2016 Category Mining & Metal).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Muhammad Nasir, P.Hd, AK. kepada Wakil Presiden Direktur PT Vale Bernardus Irmanto pada acara penghargaan SRA yang berlangsung di Ballroom Hotel Lor In, Solo, Jawa Tengah (24/2/2018).

Laporan PT Vale yang mendapat apresiasi tersebut adalah Laporan Keberlanjutan periode 2016 berjudul Emerge Stronger, Sustainably yang menyajikan informasi mengenai upaya-upaya PT Vale dalam menjalankan operasi berkelanjutan melalui kegiatan produksi yang efektif dan efisien, pengelolaan lingkungan yang benar, pengelolaan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

SRA merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). SRA merupakan puncak penghargaan bagi perusahaan-perusahaan maju dan berkembang di Indonesia yang melaporkan upayanya dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui aspek ekonomi, lingkungan dan sosial. NCSR adalah lembaga profesional yang berafiliasi dengan Global Reporting Initiative (GRI), organisasi non-pemerintah yang mengembangkan dan menyebarkan Pedoman Pelaporan Keberlanjutan dan menyelenggarakan kompetisi pelaporan keberlanjutan di Indonesia dan Asia Tenggara.

SRA 2017 yang diselenggarakan bersamaan dengan Solo Sustainability Forum 2018, merupakan penyelenggaraan tahun ke-13 yang diikuti oleh 40 entitas baik perusahaan BUMN, swasta maupun beberapa perusahaan multinasional yang terbagi dalam 7 kategori penghargaan dengan 6 kategori bidang.

Kriteria penilaian mengacu pada Sustainability Reporting Guideline 4.0 atau GRI-G4. Penjurian SRA 2017 melibatkan 38 asesor dan dewan juri yang terakreditasi.

Menurut Wakil Presiden Direktur PT Vale Bernardus Irmanto, penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya PT Vale mengimplementasikan visi keberlanjutan melalui kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan yang unggul.

Pelaporan keberlanjutan ini merupakan intisari dari kegiatan tahunan PT Vale yang menyelaraskan kegiatan operasional tambang dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial, yang diimplementasikan sejalan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas perusahaan.

“Penghargaan ini tentunya semakin memotivasi PT Vale dalam mewujudkan cita-cita bisnis berdasarkan prinsip keberlanjutan, dan terus berupaya untuk menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan berlandaskan penghormatan terhadap manusia dan alam. Bagi kami, people, planet, profit adalah mata rantai yang mustahil diputus,” tutur Bernardus Irmanto.

PT Vale secara aktif dan sukarela telah turut ambil bagian dalam pembuatan Laporan Keberlanjutan sejak tahun 2010. Sebelumnya, PT Vale juga telah meraih penghargaan ISRA untuk kategori “Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pembangunan Berkelanjutan” (ISRA 2011) dan “Commendation for First G4 Sustainability Report” (SRA 2014).

Selain penghargaan SRA oleh NCSR, Solo Sustainability Forum 2018 kali ini meluncurkan secara resmi Institute of Certified Sustainabiliy Practitioner (ICSP) yaitu wadah praktisi dan professional Sustainability Reporting di Indonesia dan Asia Tenggara yang diketuai oleh Prof. Eko Ganis Sukoharsono, PHd. dari Universitas Brawijaya.

( red )