Catatan dari pedalaman

KALTARA – Pendidikan merupakan salah satu kunci untuk menanggulangi kemiskinan. Melalui pendidikan, akan melahirkan sumber daya manusia unggulan dan memiliki daya saing, sehingga pada gilirannya akan mampu mengawal laju pembangunan di berbagai bidang.

Namun sayangnya, di tengah majunya pendidikan di Indonesia, masih banyak masyarakat miskin, terutama di daerah pedalaman yang memiliki akses  terbatas dalam memperoleh pendidikan bermutu. Ini menjadi persoalan mendasar yang harus disikapi pemerintah secara serius.

Di daerah pedalaman akses pendidikan sangat terbatas, baik infrastruktur maupun fasilitas pendukung pendidikan lainnya. Kadang siswa-siswi harus berjalan kaki dengan medan berbukit, atau bahkan harus menyeberangi sungai besar dengan rakit.

Terbatasnya fasilitas maupun infrastruktur,  para siswa di pelosok pedalaman harus berjuang bertaruh nyawa melewati sungai untuk menuju sekolahnya. Meski berselimut rasa takut  ketika melewati sungai dengan arus deras, tapi karena tekad yang kuat untuk bisa sekolah, meraka harus berani mengambil resiko yang sangat besar seperti ini.

Sebagai contoh kondisi yang ada di desa Podong, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan ini.

Para siswa di pelosok pedalaman saat belajar pada malam hari hanya menggunakan lampu genset itu pun jika ada minyak diesel (solar) jika tidak ada minyak diesel maka mereka harus rela belajar dengan diterangi pelita.

Salah seorang warga desa Podong mengungkapkan, minimnya fasilitas maupun infrastruktur menjadi salah satu kendala.

“ Kami berharap pemerintah bisa mensikapi persoalan ini, agar proses kegiatan belajar mengajar bisa lebih optimal,” kata Frans salah seorang warga setempat.

Ia, dan juga masyarakat pedalaman lain, mengharapkan  perhatian dan kepeduian  pemerintah terhadap pendidikan di pedalaman.

Dalam hal ini peran pemerintah sangat dibutuhkan. karena pendidikan itu hak setiap warga negara indonesia. anak anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti yag tercantum dalam UUD 1945.

Kemajuan bangsa indonesia ditentukan oleh generasi muda yang memiliki potensi yang membanaggakan. Anak anak di Indonesia pasti menginginkan bisa memajukan bangsanya dan membawa nama Indonesia dalam berbagai bidang ke dunia internasional.

Marilah bersama sama memajukan kualitas pendidikan di negeri ini agar anak anak Indonesia bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk negerinya dan secara global mereka bisa membawa harum negeri ini di tingkat Internasional.

( Jerry, Kaltara – ft. dok. BulunganPost )