TOLITOLI, Inovasi.web.id. Bila Anda ke Tolitoli, kurang lengkap rasanya bila tak mengunjungi Pulau Salando. Selain indah dengan panorama yang menakjubkan, pulau tersebut juga sangat eksotis. Tak berlebihan, jika pulau yang terletak berbatasan antara Malaysia dan Piliphina tersebut, sebagai surga tersembunyi, yang ada di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Pulau Salando, terletak di Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean, berjarak sekitar 37 kilo meter dari pusat kota Tolitoli.

Masyarakat sekitar menyebut pulau dengan luas 300 meter persegi tersebut dengan nama Pulau Lampuy, karena menurut sejarah, pulau tersebut sejak zaman dulu memiliki dua lampu mercusuar sebagai peringatan, dan selalu berkedip kedip sebagai sinyal agar kapal yang melintas di sekitarnya lebih berhati hati.

“ Masyarakat di sini tidak mengetahui persis nama Pulau itu. Mereka lebih familier dengan menyebutnya Pulau Lampuy, karena sejak jaman dulu ada dua lampu yang berkedip kedip sebagai tanda peringatan bagi kapal yang hendak melintas,” kata Andre, salah seorang pemandu wisata kepada Inovasi.web.id, Sabtu, 16 Desember 2017.

Pulau Salando memiliki panorama bawah laut yang indah, serta bentangan pasir putih yang mengelilinginya sepanjang lima kilometer. Karena keindahan bawah lautnya, masyarakat Tolitoli menyebutnya sebagai cristal clear water.

Di Pulau Salando banyak terdapat batu dan terumbu karang serta memiliki topografi berbukit dengan banyak vegetasi yang tumbuh di atasnya.

Meski pulau ini sangat kecil, namun memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

Bupati Tolitoli, H. Moh. Saleh Bantilan kepada Inovasi.web.id menurutkan bahwa ke depan Pemerintah Kabupaten Tolitoli berencana untuk mengembangkannya sebagai destinasi wisata favorit yang ada di Kabupaten Tolitoli. Selain akan diperbaiki infrastruktur sebagai daya dukung wisata, juga akan dibangun cottage, agar wisatawan lebih betah untuk menikmati Pulau Salando.

“ Tentu, kita akan kembangkan. Ini merupakan pulau yang masih perawan, dan terumbu karangnya terpelihara, taman lautnya pun indah. Insya Alloh, diharapkan dengan berkembangnya pulau Salando sebagai salah satu destinasi wisata favorit, selain bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah, sekaligus bisa mensejahterakan masyarakat sekitar,” kata Bupati.

Minhar : Biro Tolitoli, Sulteng