Dalam kondisi ekonomi sekarang ini dan kedepannya, perusahaan jasa konstruksi semakin dihadapkan para persaingan ketat. Era digital telah menghampiri Indonesia, pencarian informasi semakin mudah dilakukan melalui website. Oleh karena itu, sebuah direktori untuk usaha jasa konstruksi nasional sangat dibutuhkan.

Website dan Direktori Untuk Usaha Jasa Konstruksi Nasional

Seperti pada sektor bisnis lainnya, bidang jasa konstruksi juga memiliki wadah seperti asosiasi. Asosiasi Jasa Konstruksi Nasional dapat menjadi sarana informasi dan promosi bagi para anggotanya. Dengan sebuah direktori untuk usaha jasa konstruksi nasional, para calon pengguna jasa akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

Disamping itu, alangkah lebih baik lagi jika setiap anggota memiliki situs website perusahaan mereka sendiri. Website para anggota dapat ditampilkan pada direktori untuk usaha jasa konstruksi nasional tersebut. Dengan demikian, akan semakin mudah bagi para pengguna jasa konstruksi dalam mencari perusahaan jasa konstruksi di wilayahnya.

Perusahaan semakin berpotensi mendapatkan manfaat dari sebuah website dalam era digital sekarang ini. Hampir seluruh pengguna jasa konstruksi sudah menggunakan website. Apalagi jika ditambah dengan website asosiasi jasa konstruksi yang menyediakan direktori untuk usaha jasa konstruksi nasional. Selain berisi nama perusahaan, alamat, jenis jasa yang ditawarkan, juga dapat di klik dan langsung masuk ke website perusahaan tersebut.

Ini akan mempercepat proses untuk mendapatkan order sesuai bidang masing-masing, baik dari personal, bisnis, maupun proyek tender pemerintahan. Direktori untuk usaha jasa konstruksi nasional tersebut dapat menjadi rujukan dalam tiap pengadaan tender. Ini artinya, para anggota akan lebih mudah ditemukan oleh para panitia yang akan mengadakan tender.

Contoh Halaman Direktori Untuk Usaha Jasa Konstruksi Nasional

Dengan menggunakan sebuah platform website yang modern, tampilan untuk tiap halaman website dapat lebih unik dan enak dilihat. Berikut contoh tampilan halaman website dengan model direktori usaha.

Penyedia Data Center di Indonesia

PT. Data Sinergitama Jaya

Bergerak dalam bidang pembangunan data center.

Alamat: Jl. Cilandak 1 No. 14 Jakarta Selatan 12410

Telepon: 021-750-2976

Website: www.elitery.com

PT. Yosco Utama

Bergerak pada bidang jasa konstruksi besar.

Alamat: JL. Trunojoyo I / 41 Kepatihan Kaliwates

Telepon: 0331-487789

Website: www.inovasi.web.id

Providence Construction

Bergerak dalam bidang jasa renovasi rumah.

Alamat: Bona Indah, Jaksel.

Telepon:

Website: www.providenceconstruction.id

Selain itu, website asosiasi usaha jasa konstruksi tersebut dapat diberikan modul keanggotaan. Ini akan mempermudah orang untuk mendaftar sebagai anggota dan mendapatkan sertifikasi dari asosiasi anda. Tentunya hal ini akan menghemat biaya operasional dalam proses pendaftaran keanggotaan, perpanjangan dan sertifikasi.

Semakin mudah para profesional mendaftarkan diri untuk menjadi anggota, maka akan lebih banyak lagi yang mengikuti sertifikasi jasa konstruksi yang dapat ditawarkan oleh asosiasi sebagai suatu standar kelayakan di bidang konstruksi.

Sampai disini, manfaat website asosiasi dengan direktori untuk usaha jasa konstruksi sudah dapat terlihat. Terutama pada era digital sekarang ini.

Dominasi Mesin Pencari Untuk Usaha Jasa Konstruksi

Dengan menyambungkan website-website perusahaan yang tergabung sebagai anggota jasa konstruksi, maka ada kemungkinan anggota usaha jasa konstruksi yang tergabung akan selalu terlihat pada mesin pencari seperti google. Yang diharapkan adalah, ketika ada yang mencari “usaha jasa konstruksi” maka yang muncul adalah website asosiasi, halaman direktori anggota usaha jasa konstruksi, dan website-website yang tergabung sebagai anggota.

Secara teknis, hal ini perlu dilakukan pada era digital sekarang ini sebagai strategi bisnis digital yang efektif.

Disamping itu, website asosiasi perlu diperkaya dengan konten. Misal dengan artikel baru setiap hari. Konten artikel tersebut dapat memberikan manfaat bagi anggota dan untuk edukasi seputar jasa konstruksi. Misal dengan artikel seputar inovasi dalam manajemen konstruksi menggunakan aplikasi manajemen proyek untuk efisiensi dan mempermudah kolaborasi, dan sebagainya.

Teknik tersebut diatas akan menambah popularitas website asosiasi untuk beberapa kata kunci pencarian di mesin pencari secara terus menerus. Hal ini tentu akan menguntungkan para anggota yang website perusahaannya masuk di halaman direktori situs asosiasi pengusaha jasa konstruksi tersebut.

Biaya pembuatan website perusahaan dapat dibebankan sendiri ke setiap anggota, atau sudah termasuk dalam paket keanggotaan baru. Asosiasi dapat mewajibkan para anggota yang berupa badan usaha untuk mempunyai website perusahaan untuk kebaikan bisnis mereka sendiri.

Dengan demikian, usaha jasa konstruksi nasional yang tergabung dalam asosiasi dapat lebih cepat mendapatkan order ketimbang mereka yang tidak tergabung di asosiasi jasa konstruksi anda.