MEDAN- INOVASI.WEB.ID – Indonesia, adalah negeri indah yang terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Banyak produk – produk kuliner daerah, yang kemudian diangkat kembali hingga menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Tak hanya itu, nama daerah pun menjadi terkenal karena produk kuliner tersebut.

Seperti produk makanan berupa kue yang berlabel ‘ Kue Medan Par Par ‘ ini. Karena jeli untuk mengangkat potensi lokal berbasis tradisi, kue medan par par ini, terus mengemuka, dan Kota Medan, pun identik sebagai kota dengan beragam kekayaan kulinernya.

Adalah  Oki Setiana Dewi. Ia jeli menangkap peluang, mengemas produk kuliner menjadi bisnis andalan. Artis berparas cantik yang sebelumnya telah terkenal melalui karya dan filmnya yang fenomenal ini, kemudian menciptakan produk kuliner yang diberi nama Medan Par par.

Sebelum mengenal produknya lebih jauh, nama Medan Par Par ini dipilih karena sebagai Doa dan harapan kuliner yang baru di Lounching ini menjadi sukses dan banyak bertambah outlet dan cabangnya dimana-dimana khususnya di Sumatera Utara.

Kota Medan ini dipilih menjadi tempat di mana kue ini akan diunggulkan sebab Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, yang memiliki pangsa pasar tinggi sekaligus kota dengan peluang kuliner yang bagus.

Hal ini disampaikan oleh Oki Setiana Dewi saat grand launching gerai pertama Medan Par-Par pada 04 November 2017 Pukui 20.00 WIB. Meski telah banyak oleh-oleh kue dari Medan sebelumnya, Oki Setiana Dewi optimis untuk bisa bersaing.

Sementara itu kata “Par par” diambil dari Bahasa Batak yang berarti berlipat ganda, semakin banyak. Berlipat-lipat Selain karena maksudnya kue ini dibuat dengan berbahan dasar kentang, Nama itu terkesan unik,dan sekaligus menjadi doa semoga medan par-par bisa membuka cabang dimana-mana. Hal ini diamini pula oleh para Kru dan tamu undangan yang hadir saat acara tersebut.

Diposisikan sebagai oleh-oleh Medan yang kekinian, Medan par-par mudah diingat akan kemasannya yang berbentuk kotak persegi dengan warna ungu dan kombinasi warna cream. Medan Par-Par adalah berbagai macam olahan cake, bolu dan sebagainya.

Saat ditanya oleh Alfin Matondang yang lebih akrab disapa dengan mamak gardam tentang motivasi dan latar belakang Oki membuka kuliner ini Oki menjawab bahwa salah satu pintu rezeki adalah berdagang.

“ Salah satu dari sembilan pintu rezeki adalah berdagang, dan Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita juga untuk menjadi seorang pedagang, beliau sudah berdagang dari usia 12 Tahun dan istrinya juga adalah seorang pedagang.

Kemudian terlepas dari itu Pertama, karena saya juga penyuka makanan seperti Cake, Bolu, dan Pastri, kemudian yang kedua kita melihat peluang yang sangat baik, khususnya dikota medan yang merupakan kota terbesar nomor tiga diindonesia, dan kita medan par par juga membuka peluang kepada para pelaku UMKM yang ada disini untuk menjajakan produknya melalui medan par par,” Terang pemain film ketika Cinta Bertasbih tersebut.

Oki berharap, melalui Medan Par Par ini, nantinya ia bisa memberi kontribusi nyata terhadap masyarakat, dengan menciptakan lapangan kerja baru, serta bersinergi dengan pelaku usaha UMKM, untuk menumbuh kembangkan potensi lokal yang ada di Kota Medan, melalui kuliner dengan tetap mengedepankan nilai tradisi.

Dengan sinergi yang baik, menurutnya, akan terbangun ekonomi yang baik dan mensejahterakan masyarakat.

(red/jki)