ft. Rochman

 

JAKARTA, INOVASI.WEB.ID. Puncak peringatan Cap Go Meh 2018 di wilayah Glodog Taman Sari, Jakarta berlangsung meriah, diwarnai berbagai atraksi menarik seperti barongsai, sisingaan, ondel-ondel maupun reog ponorogo.

Peringatan Cap Go Meh, yang dipusatkan di Jalan Raya Taman Sari, Glodog, Pancoran, Minggu (04/3/2018)  tersebut dihadiri para pejabat tinggi negara, diantaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Pejabat dari Polri maupun TNI, tokoh dan komunitas Tionghoa serta masyarakat sekitar.

ft. Rochman

Selain itu, dalam karnaval tersebut juga digelar pawai budaya, yang bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, serta membangun kerukunan hidup anak bangsa, lintas suku, etnis dan agama.

Menurut Ketua Panitia  Perayaan Cap Go Meh Charles Honoris, bahwa Karnaval Budaya Glodok 2018 ini, diikuti oleh kurang lebih 2.500 peserta  dari beragam latar belakang.

“ Perayaan Cap Go Meh itu, hari terakhir dari setiap masa perayaan Tahun baru Imlek. Umumnya para peserta karnaval dari kalangan beragam komunitas, profesi, suku atau adat dan agama. Diharapkan melalui acara ini, akan tercipta kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang ber Bhineka Tunggal Ika,” kata Charles.

ft. Rochman

Selain Barongsai, dan arak-arakan Joli yang jadi ciri khas Cap Go Meh, ada juga Tari-tarian, Marching Band,  serta  beberapa kelompok seni umat muslim yang ikut memeriahkan acara Cap Go Meh, yang mengambil tema “ Keberagaman Bhineka Tunggal Ika dan Budaya Nusantara Satu.

(Rochman Biro DKI Jakarta)