Kadidiri, Sulawesi Tengah, inovasi.web.id. Jelang Tour de Central Celebes 2017, gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M Si, di tengah kesibukannya yang sangat padat, menyempatkan diri mengunjungi masyarakat pulau Kadidiri, untuk menyaksikan secara langsung lomba perahu layar tradisional Kadidiri.

Dalam acara tersebut gubernur didampingi wakil bupati Tojo Una Una, Admin AS Lasimpala, SI P. beserta pejabat terkait.

Dalam kesempatan tersebut gubernur melepas start lomba balap perahu tradisional. Lomba perahu layar tradisional ini mengambil start dari kab. Tojo Unauna, dan  finish di pulau Wakai

Lomba perahu layar ini sangat menarik karena mengelilingi pulau yang sangat indah. Seperti diketahui gugusan Kepulauan Togean yang terdiri dari banyak pulau memiliki keindahan alam yang sangat fantastis.

Lomba perahu layar Kadidiri, diikuti oleh peserta yang mayoritas nelayan setempat. Tak kurang dari 25 peserta ambil bagian. Acara lomba  ini merupakan rangkaian acara festival pesona Lipuku.

Sulawesi Tengah merupakan provinsi dengan luas wilayah terluas di pulau Sulawesi, yang memiliki pesona alam serta desetinasi wisata unggulan. Selain itu, kekayaan budaya yang bertumbuh dimasyarakat, menjadi magnet tersendiri, yang memperkuat eksistensi Sulawesi Tengah di sektor pariwisata.

Pesona Sulawesi Tengah menjadi semakin moncer, karena didukung oleh sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang mumpuni. Hanya, tinggal dieksplore secara maksimal, karena diyakini melalui wisata dan budaya, akan mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah yang signifikan serta mendorong kesejahteraan masyarakat.

(Hsn/Humas Provinsi/Jgd)