Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, menyimpan segudang potensi wisata. Selain wisata budaya, wisata religi, wisata alam, juga wisata pantai.  Salah satu wisata pantai, yang saat ini menjadi primadona, adalah wisata pantai pulau Gili Labak.

Pesona Wisata Pantai Pulau Gili Labak

Di pulau yang berpenghuni 36 kepala keluarga ini, terbentang hamparan pasir putih yang indah mengitari pulau sepanjang 3 kilo meter ini. Eksotis pulau Gili Labak, semakin terlihat bila kita menceburkan diri sambil menyelam menikmati taman laut.

Ikan hias berbagai jenis, berpadu indahnya terumbu karang menjadi daya tarik tersendiri pulau yang pada awalnya hanya sebagai tempat persinggahan nelayan.

Anda dapat melihat keindahan pesona wisata Pulau Gili Labak melalui video yang di unggah oleh Dinas Pariwisata Indonesia disamping ini.

Terlihat pemandangan pantai dan panorama keindahan alam bawah laut pantai Gili Labak yang sangat memukau.

Untuk menambah pesonanya, sekaligus membuat wisatawan betah dan nyaman, Pemerintah Kabupaten Sumenep, terus melakukan berbagai penataan, baik berupa fasilitas pendukung wisata maupun fasilitas-fasilitas lain sebagai daya tarik wisata.

Informasi Pariwisata Gili Labak

Transportasi

Untuk menuju ke pulau Gililabak tidak terlalu sulit. Anda bisa menyewa kapal dari pelabuhan Saronggi ataupun pelabuhan Kalianget. Tarif sewa kapal memang agak mahal, sebesar Rp 1.500.000,- pulang pergi.

Bila Anda datang secara rombongan, bisa disikapi dengan patungan agar lebih hemat.

Kuliner

Untuk keperluan konsumsi, bisa memesan langsung kepada penduduk yang menyediakan penginapan dengan bandrol harga yang cukup murah Rp 20 ribu per porsi.Biasanya menu yang disediakan berupa nasi rames, ikan goreng maupun ikan bakar, dan minuman teh manis hangat. Disajikan secara prasmanan. Dan harga sangat hemat..

Penginapan

Bagi Anda yang hendak bermalam, tidak perlu khawatir. Rumah-rumah penduduk sekitar, bisa disewa untuk menginap keluarga maupun rombongan, dengan tarif Rp 250 ribu per malam, bisa diisi untuk 10 sampai 15 orang.

Sangat seru untuk travelling backpacker ke Gili Labak, bersama teman-teman kuliah..

Aktivitas di Gili Labak

Selain menikmati keindahan panorama bawah laut, bagi pecinta olah raga air dan mengasah adrenalin, juga tersedia permainan banana boat, yang bisa disewa Rp 50 ribu sekali putaran. Di Pantai Gili Labak, Snorkeling juga banyak dilakukan oleh para wisatawan.

Sementara bagi pecinta fotografi, bisa mengabadikan momen terindah saat matahari terbit maupun ketika matahari tenggelam. Paduan panorama indah ini bisa dimanfaatkan untuk foto selfie maupun foto menjelang perkawinan.

Lokasi Pulau Gili Labak

Dari Surabaya, sekitar 150 hingga 160 KM. Namun, anda dapat melalui jalan darat melalui Jembatan Suramadu untuk menyeberang ke Pulau Madura.  Adapun rute yang dapat ditempuh adalah melalui Pelabuhan Kalianget (10KM dari Sumenep) yang biasanya banya digunakan oleh rombongan paket wisata.

Rute alternatif lainnya dapat melalui Desa Lobuk, Desa Kombang dan Tanjung Saronggi. Biasanya kapal motor dapat mengangkut 8 hingga 10 orang dan sudah lengkap dengan pelampung (life vest).

Gili Labak

Lokasi Pulau Gili Labak, Sumenep, Madura

Galeri Foto di Lokasi Wisata Pulau Gili Labak

Pada hari-hari libur ( Sabtu – Minggu ) atau liburan hari-hari besar, biasanya pengunjung sangat padat. Namun pada hari-hari biasa pengunjung  hanya setengahnya, dan pada hari biasa inilah, Anda bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahannya. Nah .. semoga informasi pariwisata ini dapat menjadi referensi bagi anda yang hendak pergi berlibur baik bersama teman maupun keluarga.

Silahkan disebar informasi ini sebanyak-banyaknya melalui tombol sosial media dibawah ini, agar pariwisata Indonesia dapat lebih meningkatkan perekonomian warga setempat.

( Ratna )