ft. Humas Pemkab Tolitoli

TOLITOLI, Forum Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli menggelar musyawarah rencana pembangunan tahun 2018, di Gedung Maramba Tolitoli, dan dibuka secara resmi   oleh Bupati H. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH, Senin ( 12/03/18).

Hadir dalam acara tersebut,  sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Wakapolres Tolitoli Kompol M. N. Asjik, S.IK, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsudin, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Tolitoli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit kerja di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, seluruh Camat dan Lurah se Kabupaten Tolitoli.

Dalam sambutannya, Bupati Tolitoli mengatakan Forum OPD yang dilaksanakan ini sebagai proses perencanaan,  selanjutnya untuk membahas usulan program dan kegiatan prioritas hasil dari Musrenbang tingkat Kecamatan dengan rancangan rencana kerja masing masing OPD yang disesuaikan dengan amanat Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Forum OPD yang dilanjutkan dengan DESK sampai tanggal 14 Maret 2018 ini, merupakan forum diskusi antar OPD yang mempunyai kesesuaian urusan bersama dengan kecamatan sehingga mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan OPD.

Forum ini membahas dan menetapkan prioritas rencana program dan kegiatan dalam mewujudkan sasaran pembangunan daerah tahun anggaran 2019.

Forum ini juga diarahkan agar mampu menyalurkan kebijakan pembangunan yang pro rakyat, tidak dinilai sebagai ritual tahunan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan masing masing OPD yakni penyelarasan antara program dan kegiatan organisasi agar mampu mempertajam dan melahikan program dan kegiatan yang partisipatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tugas pokok OPD, serta memperhatikan pencapaian sasaran kinerja dan arah kebijakan Kabupaten Tolitoli ke depan.

Secara makro masih terdapat berbagai masalah pembangunan yang harus di selesaikan untuk mewujudkan Kabupaten Tolitoli yang sejahtera, berkarakter aktif, adil dan religius, diantaranya minimnya infrastruktur dasar, rendahnya pertumbuhan ekonomi, rendahnya indeks pembangunan manusia.

Memperhatikan masalah ini, serta sinergitas prioritas pembangunan Nasional, Provinsi, dan Daerah, maka pada tahun 2019 ditetapkan tema pembangunan Daerah Kabupaten Tolitoli yaitu ‘Penguatan Sinergitas Pembangunan Infrastruktur dan Daya Saing Ekonomi Berbasis Potensi Wilayah’

( Wahyu, Kontributor Tolitoli )