Slot Dana Desa Tundakan Atasi Permasalahan Listrik dengan Panel Tenaga Surya - Inovasi Desa

Keberadaan panel tenaga surya menjawab sedikit pemasalahan listrik yang di alami masyarakat Desa Tundakan, khususnya warga di RT 3. Inovasi ini secara otomatis membantu pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat. Selain mudah dan murah biayanya, juga tidak perlu kabel panjang dan mesin yang besar untuk menghidupkan listriknya.

Desa Tundakan berada di Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Desa ini terbagi menjadi 3 Rukun Tetangga (RT). Permukiman warga di RT 03 lokasinya terpisah dari pusat desa. Jarak permukiman itu sekitar 8 Km dan berada di kawasan hutan dengan medan yang sangat berat. Jalan menuju permukiman mmasih jalan tanah dan naik-turun perbukitan.

Nama inovasi:Panel Listrik Tenaga Surya
Pengelola:Pemerintah Desa Tundakan
Lokasi/alamat:Desa Tundakan, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
Kontak:Pemerintah Desa Tundakan
Telepon/HP/email:+62 813 4763 5753

Untuk sampai kesana diperlukan waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan Trail. Karena jaraknya yang cukup jauh, warga setempat menyebutnya sebagai Bayur.

Pembangunan infrastruktur menuju lokasi permukiman di RT 03 cukup terhambat karena kondisi medan yang cukup sulit dijangkau dari pusat desa. Selain itu, pelayanan listrik dan jaringan telepon berlum bisa diakses oleh masyarakat di lokasi ini.

Lalu, pemerintah desa mengembangkan program bantuan listrik dengan teknologi panel tenaga surya. Program ini dijalan pada 2016. Pemerintah Desa Tundakan mendata warga yang belum teraliri listrik untuk diusulkan sebagai penerima manfaat program tersebut.

Berkat teknologi panel tenaga surya, masyarakat RT 03 sudah dapat menikmati layanan listrik. Selanjutnya, pemerintah desa mengalokasikan anggaran pemeliharaan supaya alat tetap terawat dan memberi manfaat secara berkelanjutan.