Desa Sindanggalih semakin melesat lewat inovasi desa dijital. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap dunia digital, Pemerintah Desa Sindanggalih menyediakan akses internet bagi seluruh warganya.

Desa Sindanggalih terletak di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengembangan infrastruktur internet bertujuan untuk memberikan akses internet pada seluruh warga sehingga masyarakat desa semakin terbuka terhadap informasi dijital.

Nama Inovasi:Program Desa Dijital
Inovator:Pemerintah Desa Sindanggalih
Alamat:Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Kontak:Eddy Setiawan (Kepala Desa Sindanggalih)

Inovasi desa digital tak lepas dari visi kepemimpinan Kepala Desa Sindanggalih, Eddy Setiawan. Dia ingin masyarakat desa bisa melek teknologi informasi. Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh warga, termasuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

Pemerintah Desa Sindanggalih tidak menggratiskan akses internet, namun warga membayar lebih murah paket internet perbulan dibandingkan menggunakan penyedia-penyedia layanan internet yang sudah ada. Kecepatan internet desa sangat stabil dan paket unlimited dapat dinikmati penuh selama satu bulan.

Ke depan, fasilitas layanan internet melalui program Desa Digital akan dikelola sebagai salah satu unit bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sindanggalih. Unit bisnis ini akan mendorong lahirnya inovasi-inovasi positif warga desa dan memberikan profit atau keuntungan bagi lembaga ekonomi desa.

Dalam penyediaan akses internet, BUMDes Sindanggalih menggandeng PT Indonesia Net yang sudah memiliki izin ISP (Internet Service Provider). BUMDes Sindanggalih juga akan mengembangkan kerjasama dengan desa-desa lain untuk mengembangkan bisnis ini.

Untuk teknisnya, warga yang ingin akses internet mendaftarkan diri. Paket unlimited mulai dari 2 sampai 5 Giga Bite dengan harga Rp30 ribu sampai Rp50 ribu (rupiah) per satu bulan. Kecepatan internetnya mencapai 2 MBPS untuk paket Rp 30 ribu, sementara untuk Rp50 ribu rupiah mempunyai kecepatan 5 MBPS per satu bulan masa aktif.

Warga tak perlu memasang tiang dan kabel untuk menikmati fasilitas internet sebab sistem sinyal menggunakan teknologi modern dengan cara ditembakkan ke handphone yang sudah didaftarkan.

Sumber: Jabar Ekspress diolah oleh tim redaksi Gedhe Nusantara