ft. istimewa

 

SUMENEP – Indonesia memiliki keanekaragaman produk budaya. Setiap daerah memiliki corak dan ciri khas yang berbeda-beda. Salah satu diantaranya adalah batik.

Di Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdapat sentra industri batik tulis yang banyak diminati dan populer di kalangan konsumen lokal maupun manca negara. Corak batik asal Sumenep ini yang sangat dikenal adalah batik tulis Canteng Koneng.

Batik tulis Canteng Koneng, memiliki keunikan tersendiri di mata konsumen. Berbagai gaya yang bebas dan bersifat pribadi produksinya, dikarenakan masih tetap mempertahankan produksi tradisional dan dibuat dengan cara-cara tradisional.

Didik Haryanto, produsen batik tulis Canteng Koneng Sumenep sangat memanjakan konsumen dengan berbagai ragam desain dan motif batik.

Sentra batik tulis Canteng Koneng yang beralamat di Jalan Kartini, Gang II, Nomor 1, Desa Pangarangan, Kota Sumenep ini, menyediakan batik tulis berkualitas tinggi. Selain itu, pembeli dapat memesan corak dan motif sesuai keinginannya.

“ Kami selalu mengedepankan mutu dan kualitas batik. Inilah yang membuat konsumen loyal dengan produksi kami. Tak hanya itu, di tempat kami pembeli bisa memesan corak dan motif batik sesuai keinginannya,” ujar Didik.

Dikatakan Didik, pemasaran batik produksi Canteng Koneng selain di wilayah Jawa Timur, juga sudah merambah pasar nasional dan internasional.

Didik memulai produksi batik sejak tahun 2011, dan hingga saat ini usahanya terus berkembang pesat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan.

 

( Ris/Jgd )