Slot Dana Bank Sampah Mandiri Asri, Kepedulian Masyarakat Desa Karanggayam untuk Wujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih - Inovasi Desa

Bank Sampah Mandiri Asri berdiri pada 2017. Bank ini lahir untuk mewujudkan cita-cita Nanang Supono, Kepala Desa Karanggayam, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Nanang, begitu panggilan akrabnya, punya keinginan besar untuk mewujudkan Desa Karanggayam yang sehat, bersih, dan indah. Dia tak pernah bosan mengkampanyekan pentingnya pengelolaan sampah.

Di setiap acara, dari arisan RT hingga pengajian, baik siang maupun malam, dia selalu menyelipkan kampanye kebersihan lingkungan. Akhirnya kampanye Nanang mulai mendapat dukungan oleh masyarakat Desa Karanggayam. Salah satu pendukung kampanye itu adalah Amsiyah, seorang Ketua RW 2, yang aktif dalam kegiatan desa. Amsiyah dan para kader PKK Desa Karanggayam mempelopori pendirian Bank Sampah pada 25 November 2017 dengan nama Mandiri Asri.

Nama InovasiBank Sampah Mandiri Asri
PengelolaPKK Karanggayam
AlamatDesa Karanggayam, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Penanggung jawabNanang Supono (Kepala Desa Karanggayam)
Kontak+62-812-4978-394
Websitehttp://karanggayam.desa.id

Mandiri Asri dipilih sebagai nama bank sampah karena menyimpan harapan dan semangat untuk mewujudkan Desa Karanggayam menjadi asri secara mandiri. Bank Sampah Mandiri Asri beranggotakan warga masyarakat RW 2 Dusun Kalipelus, Desa Karanggayam, sementara pengurusnya adalah para kader PKK diketuai oleh Amsiyah.

Bank Sampah Mandiri Asri menerima setoran sampah nonorganik dari masyarakat setiap seminggu. Sampah yang disetor beranekaragam, dari sampah yang laku dijual maupun yang tidak laku. Untuk jenis sampah yang laku dijual, Pengurus Bank Sampah akan menimbang bobotnya, lalu dicatat di buku rekening milik penyetor. Pengurus Bank Sampah Mandiri Asri juga rajin memberikan edukasi pada masyarakat untuk memilah sampah. Khusus untuk sampah organik, masyarakat diminta untuk membuang lubang di pekarangan rumah untuk menampung dan mengolahnya menjadi pupuk organik.

Setelah sampah terkumpul banyak, Pengurus Bank Sampah akan mengirim sampah ke Bank Sampah Induk yang terletak di Kecamatan Ajibarang. Meski usia Bank Sampah Mandiri Asri masih seumur jagung manfaatnya mulai dirasakan oleh masyarakat Desa Karanggayam. Nanang Supono bisa bernafas lega karena cita-citanya untuk membangun Desa Karanggayam yang bersih, sehat, dan asri segera terwujud. Bank Sampah Mandiri Asri tak sekadar mengatasi masalah sampah, tapi menjadi wadah untuk menanamkan jiwa menabung kepada masyarakat.