” Bupati, Ketua DPRD, HPI dan Ketua PWRI Morowali sokong sedikit dana untuk pengembangan lokasi tersebut ” 

MOROWALI, Inovasi.web.id. Pembangunan Galeri / sanggar dan 3 tempat santai yang sebelumnya di bantu oleh Bupati Morowali, Drs H Anwar Hafid sekitar pukul  20.00 Wita Kamis, 7 Desember 2017 malam tadi di serahterimakan kepada kelompok Tani Fafo Baho Desa Lamberea, Kecamatan Bungku Tengah, Morowali, Sulawesi Tengah.

Bupati  dalam sambutannya merasa bangga dan salut terhadap kerja keras dan kemauan membangun yang ditunjukan masyarakat Lamberea  yang dinilainya memiliki animo yang begitu besar  untuk membangun daerahnya sendiri.

Menurut bupati, kegotong royongan dan kerja keras dari masyarakat Lamberea itu perlu di tiru dan di ikuti oleh desa-desa lainnya.

” Saya kagum dengan kreasi masyarakat Lamberea, padahal dana yang kita berikan sangat sedikit. Ibaratnya kata pepatah, biar tekor asal kesohor,  lokasi ini akhirnya bisa mereka sulap dan luar biasa, hanya dengan sekejap mata saja bangunan ini akhirnya sudah bisa berdiri. Ini perlu di tiru oleh desa-desa lainnya,” kagumnya.

Sementara Pembina Kelompok Tani Fafo Baho dan Tokoh Masyarakat setempat, Idris Endeh dalam laporannya mengatakan lokasi wisata puncak bukit Fafo Baho itu merupakan warisan dari sepasang suami isteri, Muha dan Kacoa yang semasa hidupnya tidak di karunia anak.

Oleh karena itu sebagai pewaris dari generasi tersebut pihaknya kemudian menghibahkan tanah tersebut untuk di manfaatkan sebagai tempat rekreasi yang bisa dirasakan oleh orang banyak.

“ Tanah ini merupakan warisan dari paman kami yang tidak mempunyai anak. Oleh karena itu lebih baik kami hibahkan sebagai tempat yang bisa bermanafaat dan dirasakan oleh banyak orang,” jelasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung pengembangan pariwasata itu, atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Morowali, Drs H Anwar Hafid M.Si kembali memberikan bantuannya sebesar Rp 10 juta, yang diikuti oleh Ketua DPRD Rp 7 juta 500 ribu, anggota Dekab dari Fraksi Demokrat, Anshar, Rp 5 juta, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Dewan Pimpinan Cabang (HPI-DPC) Kabupaten Morowali, Hamadong Rp 5 juta dan yang terakhir Ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI-DPC) Kabupaten Morowali, Deddy Todongi Rp 2,5 juta rupiah.

Serah terima yang di awali dengan pembacaan doa serta dirangkaikan dengan penampilan musik kulintang SDN 4 Lambrea dan petikan dawai klasik krambangan itu sendiri ikut serta di saksikan oleh segenap tokoh-tokoh masyarakat, pemangku adat, Ketua DPRD Morowali, Irwan Arya, Kepala Dinas PU, Rustam Sabalio, Kadis Pariwisata, Ismail Rusunah,  Kadis Kominfo, Abdulrahman Topo, calon wakil Bupati Morowali, Haerudin Zen serta warga masyarakat Lamberea serta pewaris tanah dan masyarakat sekitarnya.

(Deddy Todongi : Biro Morowali, Sulteng)