Salah satu Paslon Syarifudin – Chaerudin Zen (nomor urut 3) saat deklrasi dan paling banyak mendapat aplaus dari para simpatisan saat kegiatan berlangsung 18/2/2018 sore kemarin.

MOROWALI, INOVASI.WEB.ID. Inilah 5 point yang harus di jaga dan tidak boleh di langgar oleh 4 kandidat bupati dan wakil bupati Morowali yang akan mengikuti  pemilihan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Pertama para kandidat di wajibkan menjalankan pemilihan secara demokratis damai dan bermatabat dalam artian tidak boleh curang dan saling mencurangi.

Kedua mewujudkan kedamaian daerah dan menjaga keutuhan NKRI yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 45, ketiga tunduk dan patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, ke-empat siap menerima konsekuensi kekalahan dan mengakui keunggulan lawan, yang terakhir bertanggungjawab dihadapan hukum dan bersedia menerima sanski  atas pelanggaran peraturan yang berlaku.

Selain kelima point tersebut masih ada point-point lain tak kalah penting yang wajib di hindari semua kandidat yaitu menghindari politik uang (money politic), menjelek-jelekkan kandidat lain (Black compain) serta mengkampanyekan hal-hal bernuansa Sara atau hal yang dapat merusak tatanan keamanan yang dapat memancing kerusuhan di daerah.

Kelima point yang wajib dijagai dan tidak boleh dilanggar oleh para kandidat yang sudah ditandatangani bersama ke-empat kandidat dan Ketua KPU Morowali, Wahyudin Abd Wahid lewat Deklarasi Damai pada Minggu, 18/02/2018 di lapangan sepak bola Marsaoleh, Kecamatan Bungku Tengah sore kemarin itu. Selain ikut di hadiri oleh hampir seribuan orang dan simpatisan dari masing-masing kelompok kandidat, juga turut disaksikan oleh Bupati Morowali yang diwakili oleh Wakilnya, Drs. SU Marunduh, M.Hum, Kapolres, Dandim 1311/ Morowali.

Larangan dan aturan itu sendiri merupakan lanjutan dari regulasi hukum yang telah di atur dalam UU No 10 Tahun 2016 tentang pemiliihan gubernur, bupati dan wali kota dan peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan / atau walikota dan wakil Wali Kota.

Adapun ke-empat pasangan calon Bupati / Wakil Bupati Morowali peserta pemilukada 2018 berdasarkan nomor urutnya masing-masing adalah Taslim – Nadjamudin (Tahajud) nomor urut 1, Ambo Dalle – Aminudin Awaludin urutan 2, Syarifudin Hafid – Chaerudin Zen (SAH) urutan 3, dan yang terakhir pasangan calon Silahudin Karim – Sunardin Firdaus (Sinar) urutan 4.

( Dedy Todongi, Morowali – Sulteng )